Pages

Saturday, August 21, 2010

Menggunakan Eclipse Untuk Pengembangan Aplikasi Handphone Berbasis Java ME

Berikut adalah yang kita perlukan jika ingin mengembangkan aplikasi mobile berbasis Java ME dengan Eclipse:

Hal basis yang kita perlukan untuk mengembangkan aplikasi mobile menggunakan Java. Java SE SDK memberikan fungsi-fungsi dasar yang dibutuhkan oleh Java ME.
SDK ini hal yang wajib diinstal jika ingin mengembangkan aplikasi mobile berbasis Java. SDK ini selain menyediakan fungsi-fungsi untuk pengembangan aplikasi mobile juga menyediakan emulator untuk dapat menjalankan program yang sudah kita buat secara simulasi di komputer desktop.
Eclipse Pulsar, bagi yang sudah sering menggunakan Eclipse untuk mengembangkan aplikasi Java desktop, pasti tidak akan terlalu susah untuk beradaptasi dengan IDE yang satu ini. Eclipse Pulsar dibuat berbasis pada framework Eclipse. Eclipse Pulsar merupakan jembatan antara Java ME SDK dengan programmer. Saya menggunakan Eclipse Europa versi 3.3.2 karena belum terbiasa menggunakan Eclipse Pulsar. Namun, saya sarankan lebih baik menggunakan Eclipse Pulsar karena fitur-fiturnya terbarunya lebih baik daripada Eclipse Europa versi 3.3.2.

 
Langkah instalasi tool pengembangan aplikasi mobile berbasis Java ME:
1. Install Java SE SDK versi terbaru, ikuti petunjuk yang diberikan ketika melakukan proses instalasi.
2. Install Java ME SDK, ikuti petunjuk yang diberikan ketika melakukan proses instalasi.

Setelah kita menginstalasi segala yang kita butuhkan, sekarang saatnya kita mengkonfigurasikan Eclipse Europa versi 3.3.2 agar dapat menggunakan Java ME SDK, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pilih menu Window>Preferences>J2ME>Device Management, di sini anda akan melihat interface mengenai perangkat emulator yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi mobile. Awalnya daftar ini masih kosong oleh karena itu kita akan mengimpornya.



 2. Klik tombol Import lalu cari folder dimana anda menginstall Java ME SDK di komputer Anda dengan mengklik tombol Browse biasanya terletak pada folder root C:\WTK***.


3. Eclipse akan mendeteksi semua emulator yang ditemukan pada folder tersebut dan memberikan daftar emulator kemudian klik Finish.


4. Kita akan kembali lagi pada window Preferences kemudian klik OK.


Langkah pengkonfigurasian di atas dimaksudkan agar kita dapat mengemulasikan aplikasi mobile yang sudah kita buat pada komputer desktop. Sekarang kita sudah selesai mengkonfigurasi lingkungan pengembangan yang kita butuhkan untuk membangun aplikasi mobile.

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

About Me

My photo
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Seorang yang ingin terus belajar.