Pages

Sunday, April 25, 2010

Membuat Web Mail untuk Mail Server

Jika anda telah memiliki atau meng-install web server sekarang waktunya membuat web mail agar pengguna dapat mengakses e-mail melalui web. Berikut ini adalah panduan meng-install web mail dengan cepat dan mudah menggunakan MailBee Webmail PHP:

1. Download/unduh MailBee Web Mail dan ekstrak file webmail_php.zip
2. Pindahkan folder "web" ke dalam folder web server dan bila perlu rename/ganti nama folder misalnya menjadi "webmail". Folder tersebut harus dapat diakses dari internet dari alamat situs anda (misalnya, www.trisnadiwijaya.com/webmail)


3. Pindahkan folder "data" yang berisikan pengaturan web mail MailBee ke lokasi lain misalnya "C:\webmail\data". Hindari pengaksesan isi folder ini dari pengguna internet.


4. Buka file inc_settings_path.php dari folder "web" atau "webmail" tadi dan ganti nilai $dataPath menjadi alamat lokasi folder "data" (misalnya, $dataPath = "C:\WebMail\data")


5. Pastikan bahwa folder "data" memiliki akses dapat ditulis/writable
6. Pada web browser ketikkan alamat "http://serveranda.com/webmail/mailadm.php". Login dendan user "mailadm" dan password "12345" untuk masuk ke dalam konfigurasi webmail. Lakukan pengaturan seperlunya menurut kehendak anda.
9. Instalasi web mail telah selesai dan web mail telah siap diakses oleh pengguna.


No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

About Me

My photo
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Seorang yang ingin terus belajar.